Museum Pos Indonesia

Jl. Cilaki No.73, Citarum, Bandung Wetan

Museum Pos Indonesia ini berdiri di Bandung pada tahun 1921 dengan nama Museum PTT (Pos, Telegrap, dan Telepon). Terdapat 131.000 koleksi perangko yang masing-masing lembarnya merekam cerita dan mencatat sejarah pada masa perangko tersebut diterbitkan. Banyak alat-alat kuno bersejarah di museum ini. Kita dapat mempelajari seputar pos sekaligus sejarahnya pada masa itu.

Terdapat ruang yang memamerkan surat emas, surat dari berbagai raja-raja nusantara kepada para Komandan dan Jendral Belanda. Surat emas menjadi catatan sejarah perkembangan surat di tanah air. Melalui surat-surat ini, kita bisa melihat cara komunikasi raja-raja di nusantara dengan para penjajah.

Umur surat-surat emas yang sebelumnya berada di salah satu museum di Inggris ini diperkirakan berkisar ratusan tahun yang lalu. Inggris menyimpan surat-surat berharga raja-raja nusantara karena memang hampir semua surat yang dipamerkan ditujukan untuk Gubernur-Jenderal Inggris Thomas Stamford Bingley Raffles.

Museum ini memiliki beberapa ruangan terpisah yang setiap ruangannya menyimpan koleksi benda pos yang masih terawat dengan baik. Anda dapat mengunjungi museum ini bersama keluarga dan mengenalkan benda-benda pos bersejarah kepada anak-anak yang tentu saja bisa menambah pengetahuan mengenai sejarah dunia pos Indonesia. Ayo tunggu apa lagi segera hubungi kami!!

Related posts

Leave a Comment